Kamis, 20 Oktober 2011

FITNAH KEPADA ISA BUGIS DAN KITABULLAH WA SUNNATURRASUL

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.

Oleh : Prof. Dr. Muhammad Abduh. SH


Setelah cukup lama saya menelaah, membandingkan dan memverifikasi kedua belah sumber referensi antara satu dengan lainnya secara cermat, dan hati - hati.  akhirnya saya terpanggil untuk mendudukkan pokok persoalan yg sesungguhnya. Kadang saya sempat tersenyum saat saya membaca referensi dari musuh -musuh saudara Isa bugis yg berupaya keras menciptakan opini publik untuk pembunuhan karakter bapak Isa bugis. kenapa saya tersenyum..? karena ternyata opini-opini dangkal yg dialamatkan berasal  dari saudara Isa bugis ataupun dari kitabullah wa Sunnaturrasul, tidak saya temukan dalam diktat asli karya Isa bugis. dari mana opini-opini murahan tsb..? nah ! selidik punya selidik, ternyata mereka adalah  bekas murid dari muridnya saudara isa bugis yg sakit hati akibat istrinya lebih mencintai dakwah Al-qur-an yg digemakan isa bugis. berbekal rasa sakit hati bercambur dengki maka bekerjalah pola syaithan untuk berkorban dg segala daya upaya untuk melakukan provokasi murahan. kenapa murahan ? karena adanya opini hasil aduk-adukaan dari pandangan hidup saudara isa bugis dengan opini tambahan dari penulis buku yg menjadi musuh isa bugis. dari mana saya tahu terjadi campur aduk dari opini isa bugis dg opini musuh isa bugis..? dari hasil perbandingan yg utuh. ternyata sang penulis mendapatkan sumber yg palsu yg berasal dari pihak yg dengki tsb.

ketika itu saya menawarkan diri untuk mengadakan tuntutan atas nama Isa bugis kepada para pihak yg memfitnah beliau, tapi dg kebesaran jiwa Isa bugis, malah saya dilarang untuk mengurusi hal-hal yg beliau anggap sebagai kewajaran sebagaimana wajarnya para nabi menghadapi berbagai Fitnah dan caci maki serta hasutan oleh musuh yg dengki dan jahil.

bagaimana fitnah itu disebarkan secara sepihak dan tanpa check and recheck diolah seolah nyata..? mari kita simak sbb:


ALIRAN SESAT ISA BUGIS : KITABULLAH WA SUNATULRASUL

oleh Darmawan Apriel Rummy pada 19 Oktober 2011 jam 16:29
BISMILLAHI RAHMANI RAHIM

Aliran sesat Isa Bugis Kitabullah wa sunaturasul

Di alam modern ini banyak para pakar muslim yang memahami ajaran islam yang bersumber dari Al Qur'an dan As Sunnah dengan cara modern pula. Namun sayang! Kebenaran yang dijadikan pegangan tersebut, justru meninggalkan kebenaran mutlak dan qoth'I dan menjadikan kebenaran semu dan relative sebagai gantinya.

Sejumlah ilmu alat seperti ilmu tafsir, ilmu hadits, ushul fiqh dan lain-lain yang menjadi sumber pendukung untuk memahami kedua sumber Islam ditinggalkan. Mereka memandang bahwa berbagai ilmu alat tersebut sudah tidak relevan lagi dijadikan pegangan, sebagai standard dalam memahami Al Qur'an dan As Sunnah, karena kondisi dan situasi dunia di zaman modern ini sudah bergeser dan berubah. Jadi Al Qur'an dan As Sunnah juga harus dipahami dengan cara modern yang penuh dengan kebebasan, bukan dengan cara kuno yang banyak ikatan.

Isa Bugis merupakan sebuah aliran yang mengajarkan adanya pembaharuan dalam ajaran Agama Islam. Ia berusaha untuk mengilmiahkan agama dan kekuasaan Tuhan dan akan menolak dan mengingkari kebenaran semua hal-hal yang tidak bisa diilmiahkan atau; tidak bisa diterima dengan akal.

Tentang Isa Bugis
Isa Bugis lahir di kecaqmatan kota Bhakti, Pidie, Aceh pada tahun 19262. pada umur 21 tahun, dikatakan bahwa ia mengabdikan dirinya untuk membela Islam dengan menjadi anggota Laskar Mujahidin Aceh, yang mirip dengan Laskar Hizbullah atau Sabilillah yang ada dipulau jawa.

Setelah menamatkan pendidikan menengahnya di Aceh, Isa hijrah ke Jakarta. Ketika itu ia meneruskan pendidikan di Universitas Islam Jakarta namun tidak sampai selesai. Selama itu ia aktif dalam berbagai kiegiatan keagamaan. Mulai dari mengikuti kegiatan pemuda Islam Indonesia hingga Persatuan perjuangan seluruh Indonesia sampai tahun 1952.

Tahun 1956-1959 Isa bergabung dengan Masyumi. Setelah itu, ia bekerja di Jawatan Penerangan Agama Jakarta sampai dengan tahun 1963. tak berhenti sampai disana, ia keluar dari pekerjaan itu dan menjadi pedagang kelontong. Namun, Isa tak meninggalkan aktivitas keagamaannya. Sambil berdagang ia juga berdakwah kepada masyarakat di kawasan Jakarta, Tanggerang, juga daerah Sukabumi.

Pada tahun 1955 ketika bergabung dengan Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) bakat politik Isa Bugis terasah dengan cepat. Ia pun ketika itu sempat menjadi perhatian tokoh nasional. Pada pemilu 1955, M.Natsir pernah meminta pendapat Isa mengenai partai Masyumi. Pada saat itu Masyumi mengalami kekalahan suara dalam pemilu. Natsir mempertanyakan mengapa partai Islam bisa kalah, padahal hamper 99% penduduk Indonesia beragama Islam. Natsir pun mengumpulkan para pemikir dikalangan Masyumi dan GPII, termasuk Isa Bugis.

Tidak hanya itu, Isa pernah mendapatkan tugas khusus dari presiden Sukarno, terkait dengan keprihatinan Pemimpin Besar Revolusi itu pada kondisi Islam di Indonesia. Isa dan beberapa temannya ditugasi Sukarno untuk mendalami Islam.

Perkembangan aliran Isa Bugis

Ajaran Isa Bugis telah ada sejak tahun 1960-an. Awalnya ajaran ini muncul di desa Gunung Puyuh, Suka Bumi, Jawa Barat. Disanalah Isa memulai ajarannya. Mulanya pada 28 Agustus 1966, Isa mendirikan lembaga pendidikan yang ia namakan Pembina Masyarakat Baru yang sering disingkat pembaru.

Aliran yang bernama "Isa Bugis" ini merekrut anggotanya di kalangan anak muda termasuk mahasiswa. Mereka bergerak secara diam-diam, sementara tempat pertemuan dan pendidikannya, dikatakan berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain sehingga amat sulit untuk dilacak. Malam Jumat merupakan malam rutin pertemuan mereka.

Untuk menarik orang awam, dia berusaha memberikan sentuhan asesoris ilmiyah dalam doktrinnya. Sehingga bagi mereka yang benar-benar awam yang merasa apa yang diajarkan itu benar dan logis. Bahkan ada semacam kebanggaan tersendiri karena kesannya Al-Quran itu sangat ilmiyah secara teknologi. Bahkan semua fenomena di alam ini menurutnya harus ada penjelasan ilimiyahnya. Bila tidak, maka harus diingkari Perhatian dan simpati masyarakat pun ketika itu banyak diperolehnya.

Hal ini dikarenakan saat itu Pembaru menawarkan cara pandang baru dalam memahami dan beribadah dalam islam. Kesempatan belajar secara gratis yang disediakan Pembaru membuat lembaga pendidikan ini banyak diminati. Ada kabar kalau pengikutnya mencapai ratusan orang. Padahal, fasilitas dari lembaga pendidikan ini terbatas.

Banyak sarjana yang tertarik dengan ajaran Isa Bugis. Hampir semua Dosen Agama Islam IKIP Negeri Rawamangun Jakarta (kini namanya UNJ --Universitas Negeri Jakarta) terdiri dari pengikut Isa Bugis. Kelompok pengikut Isa Bugis di IKIP Negeri Rawamangun ini bisa dikatakan sudah menguasai pola pikiran keagamaan di IKIP. Mahasiswa yang menolak pola pemikiran Isa Bugis pasti akan sulit untuk lulus ujian mata kuliah Agama Islam.

Para pengajar yang sudah berpaham Isa Bugis itu menyusun pelajaran agama khusus untuk mahasiswa IKIP dan dijadikan buku wajib untuk pegangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang menjadi korban (tidak lulus) karena tidak mau mengikuti materi dalam buku itu. Setiap diadakan perlawanan, selalu mahasiswa yang dikalahkan.

Dalam perkembanganya, ajaran Isa kemudian di pandang aneh oleh sebagian ulama. Salah satu contohnya, mereka tidak mau menerima orang luar menjadi imam sholat mereka. Mereka menganggap orang di luar gerakan Isa Bugis belum sempurna benar keagamaannya, maka dari itu dianggap belum bisa memimpin sholat, terkecuali orang tersebut telah tergabung dengan ajaran ini.

Gerakan Isa Bugis mulai dikucilkan. Bahkan pada 17 Agustus 1968 sholat Jum'at si desa Pesawahan, kecamatan Cicurung, yang ketika itu dipimpin seorang pengikut Isa Bugis diulang oleh ulama setempat. Mereka mengeluarkan setempat. Komando Distrik 0607 di Sukabumi juga turun tangan.

Mereka mengeluarkan surat keputusan melarang Isa Bugis berceramah di Sukabumi. Dalam waktu bersamaan, kepolisian Resor Sukabumi menerbitkan larangan yang sama. Merasa terusik, para pengikut Isa Bugis akhirnya berangsur-angsur pindah. Saat itu mereka merasa gerah dengan banyaknya larangan dan kecaman terhadap gerakan mereka. Tempat baru yang dituju adalah lampung, yang waktu itu menjadi lokasi program transmigrasi swakarsa.

Ajaran Isa Bugis

Isa Bugis ingin menerjemahkan dan menganalisa agama Islam berdasarkan teori pertentangan antara dua hal. Seperti ideologi komunis dengan kapitalis, antara nur dan dzhulumat. Ia berusaha untuk mengilmiahkan agama dan kekuasaan Tuhan dan akan menolak semua hal–hal yang tidak bisa diilmiahkan atau tidak bisa diterima oleh akal. Oleh karena itu ajaran Isa Bugis ini banyak diikuti oleh para intelek yang cenderung lebih menggunakan akal dan pikiran.

Sentuhan asesori ilmiah dalam ajaran ini tampak dalam bentuk doktrin-doktrin Isa Bugis. Bagi mereka yang benar-benar awam, apa yang diajarkan itu terasa benar dan logis. Semua fenomena di alam ini menurutnya harus ada penjelasan ilmiahnya. Maka, tidak mengherankan bila ajaran ini banyak diikuti oleh para intelektual, khususnya mereka yang memuja akal dan pikiran.

Isa Bugis berani mengingkari mukjizat para nabi (kalau saya ga berani yaa). Menurutnya, itu bohong belaka karena tidak sesuai dengan kaidah ilmiah. Hal-hal yang diingkarinya antara lain kisah Nabi Musa a.s. yang membelah laut dan kisah penyembelihan Nabi Ismail a.s.

Ajaran ini anti dengan segala yang berbau Arab, terutama bahasa Arab. Isa Bugis adalah penantang sejati syariat Islam. Menurutnya, Nabi Muhammad saw. adalah pembangkit imperialisme Arab sedangkan ilmu-ilmu tauhid, fiqih dan sejenisnya menurutnya adalah syirik.

Hasil penelitian di Departemen Agama RI sendiri kemudian sudah melahirkan tindakan. Yaitu secara tegas menyatakan bahwa apa yang diajarkan Isa Bugis selama ini adalah ajaran yang sesat. Dan hasil penelitian Proyek Pengawasan Kegiatan Keagamaan dan Aliran-aliran/faham-faham disebutkan,? Ada sinyalemen bahwa gerakan Lebaga Pembaharu yang dipimpin Isa Bugis ini ada hubungannya dengan gerakan komunis international dalam rangka usaha meng-come back-an sisa-sisa G 30 S/PKI di Indonesia.
Pokok-pokok Ajaran Isa Bugis
  1. Air Zam-zam di mekkah adalah bekas bangkai orang arab.
  2. Semua kitab tafsir Al-Qur'an yang ada sekarang harus dimuseumkan, karena semua salah.
  3. Menolak semua mukjizat para nabi dan rasul, seperti kisah Nabi Musa Alaihi Salam membelah laut dengan tongkatnya dalam Al-Qur'an adalah dongeng lampu Aladin
  4. Nabi Ibrahim As. menyembelih Ismail adalah dongeng.
  5. Ka’bah adalah kubus berhala yang dikunjungi oleh turis setiap tahun.
  6. Ilmu fiqih, ilmu tauhid dan sejenisnya adalah syirik. Ulama yang mengajarkan ilmu ini harus disingkirkan ke Pulau Seribu.
  7. Al-Qur’an bukan bahasa Arab, sehingga untuk memahami Al-Qur’an tidak perlu belajar bahasa Arab, tata bahasa Arab dan sejenisnya.
  8. Setiap orang yang intelek diberi kebebasan untuk menafsirkan Al-Qur'an walau tidak mengerti bahasa Arab.
  9. Ajaran Nabi Muhammad adalah pembangkit imperialisme Arab.
10.  Ajaran Qurban pada waktu Iedul Adha tidak ada dasar kebenarannya.
11.  Mubaligh-mubaligh Islam yang menyebarkan agama ke luar tanah Arab adalah pemabuk dzulumat yang haus darah dan harta.
12.  Indonesia adalah di antara sekian banyak korban-korban dari kebiadaban Arabisme.
13.  Lembaga Pembaru (yang dipimpin oleh Isa Bugis) adalah Nur, sedangkan orang atau golongan di luar Lembaga Pembaru Isa Bugis adalah Dzulumat, sesat serta kafir.
14.  Sekarang masih periode Makkah sehingga belum diwajibkan shalat, puasa dan lainnya. Begitu juga minuman yang memabukkan seperti khamar dan sejenisnya belum diharamkan.

Beberapa Contoh Cara Mereka dalam Menafsirkan Al-Qur’an
1. Surat Al Fiil ayat 1: “Tidakkah engkau Muhammad memperhatikan bagaimana Tuhan menghancurkan pasukan altileri yang membawa persenjataan berat (Meriam/Tank Baja/Panser)” QS. Al Fiil (105:1)

Komentar mereka:  
Kata Fiil: yang biasa diartikan dengan Gajah oleh para Mufassir itu tidak masuk akal sehat, karena tidak mungkin Gajah bisa hidup di daerah Arab Saudi yang tandus yang tidak ada daun-daunan dan rumput-rumputan untuk makanan Gajah.

2. Kalimat Yaumul Qiyaamah dalam Al-Qur’an, mereka artikan dengan: hari maju pembangunan (zaman pembangunan).
Mereka mengartikan qaama–yaquumu-qiyaamatan = pembangunan. Jadi hari kiamat adalah hari majunya pembangunan, dan bukan hari akhir (qiyamat) seperti yang diartikan oleh para mufassir selama ini.

3. Surat Al Ikhlas .
Allahu Ahad = Allah pemersatu kehidupan.
Allahu Shamad = Semuanya (zhulumat dan nur) tergantung kepada kepastian Allah.
Lam yalid walam yuulad = zhulumat itu bukan pemersatu melainkan pemecah belah.
Wa lam yakun lahu kufuwan ahad = Oleh karena itu dzulumat tidak mempan mempersatukan kehidupan.
4. Ya bunayya laa tusyrik billahi = Wahai anakku! Janganlah membagi kekaguman hati kamu terhadap ajaran Allah ini.
5. Idza zulzilatil ardlu zilzaalaha = Apabila datang traktor yang meratakan tanah

Persamaan antara Isa bugis dengan Al-Qiyadah Al-Islamiyah
Munculnya sebuah kelompok dengan nama Al-Qiyadah Al-Islamiyah yang berpusat di Kampung Cibungbulan, Kabupaten Bogor dan sedang hebohnya diberitakan media massa baru-baru ini. Disinyalir oleh sebagian ulama sebagai penerus ajaran Isa Bugis. Karena, beberapa diantara ajarannya memiliki kesamaan dengan ajaran Isa Bugis. Diantara kesamaan yang menunjukkan bahwa AL Qiyadah Al-Islamiyah adalah penerus Isa Bugis adalah :
1. Menyebut Kaum Muslimin yang mempelajari kitab-kitab hadits adalah ahlul kitab
2. Manusia dibedakan menjadi dua kelompok Mu’min dan Kafir / Musyrik
  • Orang mu’min yaitu orang-orang yang mengakui ajaran dan Kerasulan / Kepemimpinan mereka.
  • Orang kafir / musyrik orang di luar mereka.
3. Menafsirkan ayat Al-Qur’an dengan ayat yang lain (ayatin bayinatin), meninggalkan hadits dan perkataan para sahabat dan para ulama tabiin.
4. Masa sekarang sebelum tegak khilafah bagi mereka adalah masa makiyah, sehingga tidak berlaku syariat sholat lima waktu, puasa dll. Kewajiban sekarang bagi mereka adalah bangun malam dengan berdalil surat Al Muzzammil yang artinya :
  • [73.1] Hai orang yang berselimut (Muhammad),
  • [73.2] bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),
  • [73.3] (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit,
  • [73.4] atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan.
  • [73.5] Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat.
  • [73.6] Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.
  • [73.7] Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak).
  • [73.8] Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan.
5. Tauhid pada mereka adalah tauhid Rububiyah dan hakimiyah. Mereka tidak menjadikan Allah sebagai satu-satunya zat yang disembah dan satu-satunya zat yang memiliki nama-nama dan sifat-sifat yang sempurna (Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Asma wa sifat)

Pada masa-masa sekarang, pengikut Isa Bugis tak lagi melakukan aktivitas dengan terbuka. Seiring dengan jumlah pengikutnya yang kian menyusut, berkurang pula kajian-kajian mereka. Pada dasarnya penampilan jama'ah Isa Bugis tak banyak berbeda dengan umat Islam pada umumnya. Tak semua wanitanya berjilbab. Kaum pria pun tak memelihara janggut di dagu mereka (banci kali ya takut punya janggut).

Banyak bermunculannya faham dan aliran sesat karena kurangnya pengetahuan orang-orang Islam dengan ajarannya. Sehingga dengan mudah di manfaatkan oleh orang-orang yang berniat menghancurkan Islam dengan berkedok ustadz atau kyai. Mereka dengan ilmu mereka yang sesat dengan mudah mendapat pengaruh dari masyarakat. Karena, dengan penampilan mereka yang tampak berwibawa dengan ajarannya yang menyatakan “siapa yang tidak masuk jamaah maka mereka kafir” serta kemudahan dalam ajaran ajaran mereka menimbulkan rasa simpati yang besar dalam masyarakat.

hal2 yg aneh dan Pertanyaan2 yg tidak mungkin bisa dijawab oleh ajaran Isa bugis Kitabulla wa sunaturasul antara lain :

banyak hal yg aneh dan mengherankan sudah saya bahas diatas, dan yg Sangat mengherankan sekali bila ada orang yang tidak mau berpegang kepada hadits. (Belum kita bicarakan hadits itu shohih atau tidak). Karena bila
mereka tidak berpegang pada hadits maka mereka membuntungi banyak sekali ajaran Islam. Contoh pada masalah SHALAT. Bila mereka tidak mau berpegang pada hadits maka yang jadi pertanyaan :

- Bagaimana cara shalat mereka?
- Bagaimana cara wudhu mereka?
- Bagaimana cara bersuci untuk bisa shalat?
- Kapan saja waktu mereka shalat?
- Apa saja yang mereka baca pada waktu shalat?
- Apa saja yang membatalkan shalat mereka?

Bila mereka tidak mau berpegang pada hadits, mereka tidak akan bisa menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut. Jawaban pertanyaan tersebut tidak akan mereka dapati meskipun membolak balik halaman halaman Mushaf Al Qur'an.
Jawabannya ada di HADITS. Shalat itu dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, hanya akan didapati penjelasannya di HADITS tidak akan didapati di Al Qur'an karena Al Qur'an bersifat global.

Coba kita lihat Al Maidah ayat 38
"Pencuri laki laki dan perempuan, potonglah tangan mereka".

Dari ayat ini masih ada yang belum jelas, yaitu:
- Batas pencurian yang bagaimana yang menyebabkan seseorang itu dipotong tangannya?
- Apakah mencuri penghapus kawan kelasnya akan menyebabkan dipotong tangannya?
- Ataukah bila mencuri pesawat terbang, monas, gunung Bromo atau pulau Bali baru dikenakan potong tangan?
- bagaimana kalau mencuri Istri tetangga?

Masih belum jelas lagi nih.
- Tangan yang dipotong itu yang mana?
- Pergelangan tangankah?
- Atau tengah tengah tangan kah?
- Atau pada persendian dekat pundak kah?
- Atau suka2 algojonya? mau motong model gimana pun terserah, atau mungkin mengikuti model yg sedang trend.?

Lagi lagi penjelasannya kita akan dapati pada hadits. Jawabannya adalah "Tidak dipotong tangan kecuali dalam curian yang mencapai 1/4 dinar atau lebih ..." (HR Bukhari dan Muslim). Dan Assunnah pun menerangkan yang dipotong adalah sebatas pergelangan tangan mereka.

sejauh yg saya pelajari, Alquran dan hadist tidak bisa dipisahkan, karena, Secara universal, fungsi hadits terhadap Al-Qur'an adalah merupakan penjabaran makna tersurat dan tersirat dari isi kandungan Al-Qur'an.

para 'ulama hadits merincinya menjadi 4 fungsi hadits terhadap Al-Qur'an yang intinya adalah sebagai penjabaran, dalam bahasa ilmu hadits disebut sebagai bayan, ( percuma berdiskusi dgn KWS tentang hal ini)

Fungsi hadits terhadap Al-Qur'an secara detail ada 4, yaitu:

1. Sebagai Bayanul Taqrir

Dalam hal ini posisi hadits sebagai taqrir (penguat) yaitu memperkuat keterangan dari ayat-ayat Al-Qur'an, dimana hadits menjelaskan secara rinci apa yang telah dijelaskan oleh Al-Qur'an, seperti hadits tentang sholat, zakat, puasa dan haji, merupakan penjelasan dari ayat sholat, ayat zakat, ayat puasa dan ayat haji yang tertulis dalam Al-Qur'an.

2. Sebagai Bayanul Tafsir

Dalam hal ini hadits berfungsi sebagai tafsir Al-Qur'an. Hadits sebagai tafsir terhadap Al-Qur'an terbagi setidaknya menjadi 3 macam fungsi, yaitu:

2.1. Sebagai Tafshilul Mujmal

Dalam hal ini hadits memberikan penjelasan terperinci terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang bersifat universal, sering dikenal dengan istilah sebagai bayanul tafshil atau bayanul tafsir. Contoh: ayat-ayat Al-Qur'an tentang sholat, zakat, puasa dan haji diterangkan secara garis besar saja, maka dalam hal ini hadits merincikan tata cara mengamalkan sholat, zakat, puasa dan haji agat umat Muhammad dapat melaksanakannya seperti yang dilaksanakan oleh Nabi.

2.2. Sebagai Takhshishul 'Amm

Dalam hal ini hadits memperkhusus ayat-ayat Al-Qur'an yang bersifat umum, dalam ilmu hadits sering dikenal dengan istilah bayanul takhshish. Contohnya: Dalam Q. S. 4. An-Nisa', A. 11 Allah berfirman tentang haq waris secara umum saja, maka di sisi lain hadits menjabarkan ayat ini secara lebih khusus lagi tanpa mengurangi haq-haq waris yang telah bersifat umum dalam ayat tersebut.

2.3. Sebagai Bayanul Muthlaq

Hukum yang ada dalam Al-Qur'an bersifat mutlak amm (mutlak umum), maka dalam hal ini hadits membatasi kemutlakan hukum dalam Al-Qur'an. Contoh: Dalam Q. S. 5. Al-Maidah, A. 38 difirmankan Allah tentang hukuman bagi pencuri adalah potong tangan, tanpa membatasi batas tangan yang harus dipotong, maka hadits memberi batasan batas tangan yang harus dipotong.

3. Sebagai Bayanul Naskhi

Dalam hal ini hadits berfungsi sebagai pendelete (penghapus) hukum yang diterangkan dalam Al-Qur'an. Contoh: Dalam Q. S. 2. Al-Baqarah, A. 180 Allah mewajibkan kepada orang yang akan wafat memberi wasiat, kemudian hadits menjelaskan bahwa tidak wajib wasiat bagi waris.

4. Sebagai Bayanul Tasyri'

Dalam hal ini hadits menciptakan hukum syari'at yang belum dijelaskan secara rinci dalam Al-Qur'an. Contoh: Dalam Al-Qur'an tidak dijelaskan tentang kedudukan hukum makan daging keledai, binatang berbelalai dan menikahi wanita bersama bibinya, maka hadits menciptakan kedudukan hukumnya dengan tegas.

Itu saja yg bisa saya rangkum dan saya sampaikan buat teman2.tambahkan bila banyak kekurangan dlm notes ini
maaf juga kalau notesnya berantakan :)

wallahu 'alam

assalamu'alaikum wrwb


Daftar Rujukan
aiz, hartono, Aliran dan faham sesat di Indonesia, Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2002
Zara, Yuanda, Aliran-Aliran Sesat di Indonesia, Yogyakarta: Banyu Media, 2007
Http://abasalma.wordpress.com, Disinyalir Al-Qiyadah Al-islamiyah adalah Aliran Isa Bugis masa kini, 12/02/08
kutipan-kutipan yg ada dalam daftar rujukan seolah obyektif, tetapi mereka tak bisa menemukan data buku aslinya yg ditulis oleh saudara Isa bugis sendiri sebagai data primer, akan tetapi kami telah menemukan data sekunder yg mereka kutip secara subyektif. dari musuh Isa bugis yg sudah teridentifikasi, semoga akan saksikan yg haq itu haq dan yg bathil itu bathil, tanpa membuang waktu di persidangan. haha !

hanya hukum Allah yg bernilai kepastian ilmiah membalas kejahatan siapa yg mukadzibiin, provokator, penghasut, penebar Fitnah, dan siapa yg terzhalimi dg berjiwa besar tanpa balas. kami pun hanya akan mengklarifikasi tulisan isa bugis yg  aslinya yg diputarbalik atau diaduk-aduk oleh pihak negatif menjadi model nista seperti di atas. kami lakukan klarifikasi khusus hanya kepada yg berhati bersih dari motif-motif  jahat.. bagi yg berhati kotor kami biarkan mereka dengan ajaran Fitnah tanpa pangkal dan ujung yg obyektif berdakwah untuk mencari2 kesalahan yg akan berbalik pada mereka sendiri.

Wassalam.

89 komentar:

  1. yang intinya semua sudah dikemukakan.
    jangan dulu bicara sebelum mencoba.
    jangan mngumbar sensai yg mennjadikan kritik jd taktik, semua harus dalam satu tanggapan yang matang, karna apa yang jd argumentasi orang blm tentu kita pahami, maka itu pahami dulu seluk beluk dan prosedurnya, baru bisa kita keluarkan argumentasi.
    #just_opinion

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi pula 10 tahun kurang lebih saya belajar dari muritnya pak isa saya belum pernah denger kalo air zam zam itu bekas bangkai nya orang Arab. Apalagi mengenai asumsi para ulama diatas kalo ajaran musadeq itu mirip dengan ajaran isa Bugis, apalagi mereka sampai hati berasumsi bahwa ajaran musadeq itu kelanjutan dari ajaran isa Bugis. Dan masih banyak lagi fitnah murahan yg memang sengaja di alamatkan kepada isa Bugis. Menurut saya fitnah ini sangatlah keji.

      Hapus
  2. FITNAH, adalah ibarat melontarkan anak panah ke atas, kelak anak panah tersebut akan balik kembali menghunjam kepada si pelontarnya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi yg difitnah QMsr yg punya marah tidak(ALLAH)afataqkilun tubsirun tadakkarun tasma'un dsb(wama IB illa penyampai afaimmata dst kalian mudik dz mssy?

      Hapus
  3. Biasanya fitan tidak akan bertahan lama, dan Al QURAN MENURUT SUNNAH RASUL yg di bawa isa bugis pasti akan manggung Isya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adalah janji pasti, bahwa walau hanya sekilat halilintar akan ditampilkan

      Hapus
    2. insya Allah ga manggung deh, sebab faham isa bugis itu sesat dan menyesatkan, kalau mau ngetop buat aja agama baru dengan tuhan yang baru serta nabi yang baru, OK salam K.P.

      Hapus
    3. Ini penampakan dimensi jin(nasihun amin)mau gesroad dg dimensi malaikat sawaun alahim....

      Hapus
    4. Qmsr insyaallah cepat atau lambat akan sampai ke telinga bangsa🤲🤲🤲& menjadi satu pembuktian yg objective ilmiah untuk menyongsong datangnya kurun kedua🙏🙏🙏

      Hapus
  4. mudah2an apa yg sya ketahui tidak d hilangkan dri hati sya, agar ttap hidup berpandangan segitiga ABC, wass....

    BalasHapus
  5. Alhamdulilah.. Semoga saya menjadi penyanjung hidup menurut AQMSR.

    BalasHapus
  6. Bisa dapatkan buku Bpk Isa Bugis dimana ya??...saya pingin ta versi aslinya seperti apa ya..wassallam

    BalasHapus
  7. Emang kalo laknatullah itu benar" terjadi seperti yang saya alami ini, saya bersumpah dan saya melanggar nya, dan saya mnerima juga konsekwensi dari sumpah saya itu,

    BalasHapus
  8. saya rasa ajaran muhammad tidak ada yg salah,begitupun dengan isa bugis,semua butuh akal sehat,rasional dan sesuai fakta rasul,al'quran sudah turun,dan semua tentang kehidupan ada didalam nya.tinggal kita menelaah lebih baik lagi,bukan sekedar membacanya tp mengamalkan nya.
    dan jangan berpendapat tentang alquran sbelum kita tau betul apa sbnarnya maksud diturunkannya dan apa sbenarnya maksud diciptakan kehidupan ini.

    salam damai untuk semua sahabat mu'min

    BalasHapus
  9. Apa ada buku produksi Bpk. Isa Bugis, karena sy akan mempelajarinya lebih mendalam, kl ada cara mendaptkannya bgmn dan dimana..???tks.

    BalasHapus
  10. sungguh luar biasa ajaran bapak isa bugis, objektip dan sangat ilmiah.

    BalasHapus
  11. aku ingi belajar al- qur'am meenurut sunah rasul tapi harus kemana (bandar lampung)

    BalasHapus
  12. Sudah lah.. g usah pembelaan lg, sudah disidang di depan para ulama yg hadir ada ulama sekaliber Buya HAMKA dan sudah dinyatakan sesat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda ini termasuk yg buta pandangan !

      Hapus
    2. tidak mengerti tapi sok pinter. cukuplah allah dan al-quran menurut sunnah rasul adalah pembimbing kehidupan yang tangguh

      Hapus
    3. Coba tanya kpd yg hadir ketika hamka d ajak muhabalah... apa yg terjadi? Silahkan tanya kpd yg hadir ktka itu

      Hapus
    4. mohon jelaskan seobjektif mungkin pak Sidig, tentang apa yg terjadi setelah muhabalah itu

      Hapus
    5. Abah: emang abah menyaksikan debat Hamka dengan Isa, apa cuma denger aja ? Hati hati bah gak lam lagi Nabi Isa Busis Seorang dokter merangkap jendral akn jadi tuhan he he he

      Hapus
    6. apa yang terjadi setelah buya hamka di ajak muhabalah itu?

      Hapus
    7. Abu jahal abu lahab dan yg mengaku penguasa tertinggi di antara kalian apa itu bukan dimensi jin si nasihun amin thd da'wah qmsr.

      Hapus
  13. jangan menilai sesuatu hanya dari kulitnya saja,tanpa mempelajari terlebih dahulu hingga kita benar2 mengerti dan memahami apa yang dimaksud,rusaknya kehidupan ini akibat komentar2 dari para provokator yang tdk pernah memahami persoalan hingga menimbulkan perpecahan diantara umat,jika kita memang benar2 tdk mengetahui masalah atau hanya sekedar tahu lebih baik diam, birakanlah semuanya itu berproses seiring dengan perjalanan waktu,seperti halnya alam yang bergerak atas dasar kepatuhan, karena setiap apa yang kita ucapkan ada pertanggungan jawabannya dihadapan ALLAH S.W.T,Dari pada menimbulkan kesalahfahaman yang berakibat timbulnya fitnah.dan jangan mudah memvonis terhadap siapapun tanpa kita menguasai ilmunya. Salam damai!

    BalasHapus
  14. Bismillahirahmanirrahim, mudah-mudahan kita, keluarga dan bangsa ini menjadi penyanjung hidup ,menurut yang demikian (Al-qur'an menurutt sunah rasulNya) maju terus A;-Qura'an MSR saya juga sudah muak dengan kehidupan matrealistis, kapitalis ini...shutdownlah kau Dzulumat

    BalasHapus
    Balasan
    1. maf sebelumnya....sya mau tanya diatas tadi membahas makkah dan madinah....nah yang dimaksud makkah dan madinah itu apa ya?...kok pembahasan diatas aneh

      Hapus
    2. haus kebodohan temen yahudi,gendeng

      Hapus
  15. Ya Allah jadikanlah Negri kami ini (Indonesi), negri tegaknya ALquran menurut sunnah rasulMu, Ya Allah jadika saya menjadi pendukung Nur MSR sampai akhir hayat ini.mudah''an dapat merasakan indahnya peradaban Nur menurut sunnah rasulMu di kurun ke 2 kelak. Aminnn...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kehidupan kurun ke 2 itu seperti apa?

      Hapus
  16. ya Allah, semoga saya menjadi penyanjung hidup dengan ajaran Allah menurut sunnah Rasulnya pembimbing kehidupan semesta tiada tanding...aku rindu.AMSR dan segitiga ABC

    BalasHapus
  17. ya Allah, semoga saya menjadi penyanjung hidup dengan ajaran Allah menurut sunnah Rasulnya pembimbing kehidupan semesta tiada tanding...aku rindu.AMSR dan segitiga ABC

    BalasHapus
  18. Amsr? Gak salah tuh? Hadist aja gak dipake,quran aja diragukan bahasanya, cerita dan kisah nabi2 allah swt yg lain aja dianggap dongeng belaka dll....kok yg katanya otak intel ek gak bisa berfikir logis dg bertentangannya satu hal yg lainnya dlm ajaran ini? Jgn2 pada gak ada otaknya nih.... he he he.... diam aja ya, nunggu hari akhir.... emangnya kamu percaya hari akhir? Quran aja dibilang bkn bhs arab, darimana tau ada hari akhir bos? masya allah.... taubatlah.... mudah2an pemimpin ajaran ini termakan mubahalahny sendiri.... tertabrak..... selamat menikmati.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astagfirrullahal'adzim....sunguh kata2mu mencerminkan pribadi yg luar biasa jahiliyah...dimn ketidak logisannya non

      Hapus
    2. mbak euis hermawati ini bahasa nya tidak santun bener2 mencerminkan keperibadiannya,ckckckckck...

      Hapus
  19. Taubatlah hai orang2 sesat..... kembalilah pada alquran dan hadist yg berbahasa arab.... sebelum ajal menjemput....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuktiannya sederhana. kalau bener Al-Qur'an bahasa arab, coba anda belajar bahasa arab kalau dah pinter baca al-quran ngerti gak isinya. Mengartikan "Kitabullah wa sunnaturosul" juga jadi Al-Qur'an dan Hadis Padahal yang bener Al-Qur'an menurut sunah Rosul. Maaf Kalau anda mengganggap ajaran ini sesat, saya mau tanya "Al-Qur'an itu Pedoman hidup buat manusi bukan?" Kalau jawabannya ya, lalu apa artinya Al-Qur'an, kalau manusia itu sendiri tidak bisa memahaminya. Ajaran Al-Qur'an Menurut Suanah Rosul ini justru agar Manusia mempelajari pedoman hidupnya yaitu (Al-Quran), supaya ajaran Allah masuk ke setiap diri manusia, kalau sudah masuk kedalam diri pastilah "Pandangan dan Sikap hidupnya sesuai dengan ajaran allah (Al-Qur'an MSR) = IMAN

      Udah dulu ya Is ....... hatur nuhun

      Hapus
    2. Wah boleh nih sis kapan2 kita diskusi AQ MSR.

      Hapus
  20. ya allah pangungkanlah Alquran MSR.....

    BalasHapus
  21. Tapi bener juga sih...terbukti negara arab yg d bilang faham quran aja ngga pernah ngebela negara negara islam yg di tindas kaum kafir...malah pada sibuk rebutan minyak...mungkin karna salah tafsir dari bangsa arabnya yg bikin ajaran allah terpecah belah...kalo di liat kenyataannya seperti itu ya...harusnya umat islam seperti anggota tubuh....tapi kenyataannya tidak...sudah pasti ada yg salah dengan penafsira quran

    BalasHapus
  22. Ya alalh udah baca belum kebuka juga itu otak.... ajaran alquran itu masuk akal kan itu pedoman hidup manusia..... bukan pedoman mati... gimana sih... yang percaya dunia khayal /subjektif itu palto.... justru alquran itu objektif .... klo ga masuk akal emang qur an buat siapa.... ????? Terima kasih bp isa atas ilmu nya......

    BalasHapus
  23. Sebelum menyeru taubat ke orang alangkah baiknya anda yg taubat.... sebelum anda hidup merugi dunia akhirat..... naudzubillah......

    BalasHapus
  24. Mohon info, asyirah yang masih aktif dimana ya ?! Kami butuh santunan ILMU..

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. ttp mawas diri dan hidup sadar dgn alquran MSR,yg bnr2 mau & tdk akan terseleksi dgn sendirinya
    bagaikan unta masuk ke lubang jarum.
    bismillah ar rahman ar rahiiim.

    BalasHapus
  27. salam K.P.
    Kepada pewaris Isaisme yg terhormat, bila mengenang dan mengingat apa yang pernah saya baca dan pelajari tentang faham isa jelas sekali ada kaitan dengan peham musadeg yg mengaku nabi dan sebentar lagi akan mengaku tuhan semesta alam akibat dari ilmunya yg maha dahsyat, apakah benar seorang Isa adalah pensiunan Jendral dan profesi seorang dokter ? (tlg jawab bos) benarkah berbohong itu bukan suatu kesalahan atau dosa, bagaimana penafsiran surat gajah yg di gan ti dengan tank baja, kalaupun gajah tidak terdapat di negeri Yaman apakah lebih pantas di artikan sesuatu kekuatan yg besar ? kenapa Isa bin pulan bernafsu sekali untuk mengkoreksi al,quran dan seolah olah meluruskan dan mencintai islam ,sementara yg pernah saya pelajari isaisme memuja yahudi yg jele
    as telah di murkai Allah, dan apa alasan anda tentang Isra mikraj yg saya dengar dari golongan suatu tindakan yg tak masuk akal dan kebohongan, telebih lagi sangat menyedihkan ketika saya diajari bahwa Rasullah adalah seorang penjajah dan mengatakan Al,quran itu adalah manuskrip, dan masih banyak hal hal yg menyudutkan quran , yg mengherikan anda telah menafsirkan Allah adalah gaya.tolong anda berikan pejelasan ,Salam K.P

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya tidak ada diktat isa yg saya baca memuja yahudi,yang pernah saya baca isi nya yahudi adalah pembuat huru hara dimuka bumi sampai akhir zaman.mungkin engineer mind ini yang antek yahudi.

      Hapus
    2. Harus tau dulu besiknya QMSR satu banding seribu yg bisa rela pasrah rido menerima bukan cari lawan debat kayak dimensi jin. yg kolbin salim aja yg bisa respon dg QMSR ABC.

      Hapus
  28. wahai Rosul betapa gilanya orang orang gila yg telah mencabik cabik qurqn yg kau terima dari Allah, mereka tidak pernah tau betapa upaya mu besrta pengikut mu kala itu, habis harta benda mu d
    tuk dakwah tp kini kau di kenal sebagai gembong imprialis ,masaAllah....,dan mereka menganggap mu adalah mahasiswa dari universitas gua hira ,memang tak masuk akal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ckp lh allah yg akan memberikan ksaksian akn tegak ny amsr,maka bagi anda adlah golongn orng yg merugi,saksikan lh nnt satu abad yg tdk bernama satu abad baru yg akan allah swt tampil kn sesuai janji ny..salam ABC

      Hapus
  29. Fitnah itu biasa sbb pasti tidak benar. Bila ada hamba Allah yg berikhtiar sbgmana IB maka langsung dicap sesat. Para pemfitnah slalu ada di setiap zaman. Keberadaannya seolah2 sbgai penjaga kebenaran. Padahal soal IQRA' , soal QUR'ANAN 'ARABYYAN, soal QS. ALFATIHAH DLL itu apa,siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana belum pernah mereka mengkaji sendiri sbagaimana perintah QMSR dlm surat AlMuzzammil: 1-4, sebab mereka hanya memahami sbagai perintah sholat malam sbagai tambahan pahala . Ya..mereka taklid kpd orang selain Rasulullah. Pertanyaannya: apakah Rasulullah memerintahkan unt taklid kpd selain dirinya?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  30. tatkala dunia penuh dengan kebohongan, tatkala manusia tak mampu lagi untuk membedakan mana yang benar dan yang salah, tatkala tak da lagi yang mampu dijadikan panutan, maka aku diperintahkan untuk mengikuti pemimpin yang penuh panah-panah fitnah menuju dirinya (karena disitu letak kebenaran yang haqiqi berada), lantas, dimana saya bisa bertemu dengannya..

    BalasHapus
  31. Salam lima jari buat semua penyanjung hidup menurut AQMSR, mudah-mudahan kurun kedua segera wujud dan jangan lupa rattil dan shalatnya.............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...mudah mudahan QMSR kurun ke kedua segera tampil....

      Hapus
  32. Salam lima jari buat semua penyanjung hidup menurut AQMSR, mudah-mudahan kurun kedua segera wujud dan jangan lupa rattil dan shalatnya.............

    BalasHapus
  33. waktulah yg akan membuktikan semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhn..mf beritahu sy Ashiroh yg msh aktif...di Cirebon...mksh....

      Hapus
  34. Saya kepengen miliki buku2 pak isa bugis yg asli , dimna saya bisa dptkan ya..?? Makasih..

    BalasHapus
  35. SAYA MAU MEMPELAJARI BUKU YG DI BUAT PAK ISA, DAPAT NYA DIMANA YA ? BAPA SAYA PERNAH MENJADI ANGGOTA, DAN SEKARANG SEDANG FAKUM, SAYA DARI BOGOR, SAYA INGIN MEMPUNYAI SEMUA TAFSIR ALQUR'AN DARI PENAFSIRAN NYA LANGSUNG OLEH PAK ISA

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Assalammuallaikum...

    Maaf sy awam. Itu menurut Pak Isa Al Quran itu ilmiah kan ya? Saya setuju untuk hal itu, tapi yg saya mau tanya definisi ilmiah itu yg seperti apa ya? Karena menurut sy kalau ilmiah disandarkan pada keterbatasan alam pikir manusia yg terbatas ini, kayaknya ilmiah versi kita (manusia) pasti sangat terbatas ya?... Dan akan sulit untuk memahami "ilmiah" dari sudut pandang Al Qur'an. Contohnya perjalanan Isra Mi'raj itu, kira-kira penjelasan ilmiahnya seperti apa ya gan?... Maap sy tanya, krn prinsip saya jgn menghakimi sebelum bertanya... dan terimakasih jika sekiranya ada yg mau menjelaskan... ^_^

    Assalammualaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikatakan sesuatu itu obyek tif Ilmiyah adalah keterangan yang didukung oleh fakta. Jadi kalau keterangan yang tidak didukung oleh fakta namanya dongeng. Dan Al-Qur'an ini adalah obyektif Ilmiah, karena semua keteranganya didukung oleh fakta diantara lain Pasti alam dan budaya. Contoh sederhan saja misalnya As-Syamsu tajrii limustaqqarun laha zhalika taqdirul 'azizil 'aliim" Matahari itu berputar dapa porosnya....! Padahal dalam ilmu pewngetahuan barat lewat filsafat Yunani, awalnya dianggap bahwa Bumi ini pisat alam semesta. Baru kemudian Copernikus membantah bahwa yang benar mataharilah yang menjadi pusat alam . Tetapi mana duluan Al-Qur'an diabad ke 7 dan Copenikus diabad ke barapa ? Apa bukan nyolong dari Al-Qur'an. Nah inilah yang dikatakan bahwwa Al-Qur'an itu Obyektif Ilmiah. Kalau mengenal Ira' mi'raj, itu masalah pembuktian, Allah menagngkat Nabi Muhammad melaui Malaikatnya unutk melihat pembuktian apa yang ada dala Al-Qur'an. Misalnya Adam, Muhammad benar-benar telah bertemu dengan Nabi Adam. Jadi ini masalah pembuktian, bukan hanya gagasan saja tetapi harus ada pembuktiannya. Sehingga ditahun kesedihan itu Nabi Mi'raj, setelah kembali ke dunia ini semangatnya pantang menyerah, pantang mundur...setelah mendapatkan perintah Shalat...makanya kalau mau tau itu semua bacalah Wawasan Makna Tafsir Al-Qur'an jilid 1 sampai 4, biar ilmiah kalau mau membantahnya. Cari di Face book. saya juga dulunya penyembah aTauhid, apa-apa pahala, sehingga gampang dibodohin ummat Islam ini..lihat saja, di Indonesia..banyaknya kita mayoritas, tapi yang berkuasa selalu dengan pikiran Liberalisme. Kasian ya.

      Hapus
  38. Membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, saya jadi tertawa...hehehe...karena mereka bukan orang yang dekat dengan Isa Bugis tetapi hanya mengambil dari sumber sesama mereka yang anti. Kalau mau tahu dengan obyektif bacalah : Wawasan Makna Tafsir Al-Qur'an menurut Sunnah Rasul-NYA, yang memuat makna Tafsir Isa Bugis. Kamu bilang Tauhid itu bukan ajaran syirik, coba cari didalam Al-Qur'an ada ngga kata-kata Tauhid ? Dalam Hadits ada ngga kata-kata Tauhid ? Kalau ngga ada lalu klenapa kalian ngotot bahwa Tauhid itu ajaran Allah ? Tauhid itu adalah ajaran yang dibuat semacam Theologi ummat non Muslim, agar setiap hari hanya menyebut nama Allah untuk dapat pahala. Padahal kepribadian Nabi Muhammad itu adalah Al-Qur'an. Muhammad tidak berbicara kecuali menjelaskan Wahyu. Jadi silahkan kalian menentang kebenaran, seperti Qaum Quraisy, menganggap Muhammad sudah gila. Tapi kebenaran pasti akan tegak. Jika jumlah Mu'min sedikit Allah akan turun tangan dan menghancurkan kalian semuanya. Nah sekali lagi cari di Google : Wawasan makna tafsir Al-Qur'an supaya jelas bagi anda yang ingin tahu seperti apa ajaran Isa Bugis itu.

    BalasHapus
  39. Pak Djamhari Maskat kalau di Jakarta dimana saya bisa belajar Al Quran MSR ini, tolong infonya dan saya juga ingin mendapatkan Tafsir Makna Al Quran bagaimana caranya. Mohon infonya, semoga kita semua disatukan dalam Dinnul Islam yg Kaljasadin.

    BalasHapus
  40. yang mengatakan sesat apa tau apa artinya sesat itu,saya dari kecil hidup di pesantren setiap ajaran yang di anggap masyarakat sesat saya masukin, kenapa karena bukan apa, haya saya ingin mencari apa islam ituh apa benar salah, saya tidak mau mentang mentang orang tua saya agama islam saya ikutan menjadi islam (tampa mencari kebenaran itu sendiri.islam keturunan ko bangga

    BalasHapus
  41. munkin alquran menurut sunah rasul pilihan saya ter akhir dan akan saya perjuangkan sampai akhir hayat saya amin....ya Allah perkenankanlah.

    BalasHapus
  42. Salam pandangan dan sikap hidup😀

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah saya mantap dengan Alquran menurut Sunnah Rasul ini, saya tak mau disebut islam keturunan atau saya mengetahui alquran mSR dari keluarga saya. Saya kuliah di universitas berbasis islam dengan begitu banyak aliran, Semenjak di bangku kuliah saya mulai mencari jati diri dan kebenaran islam. Akhirnya setelah masuk pengajian sana sini, dengerin ceramah ustad2, ikut komuntas,saya menemukan yang mantap dengan hati dan pikiran saya. Seolah olah pertanyaan keganjalan saya tentang islam dan problematika hidup yang ada terjawab. Saya sebagai seorang muslimah sangat bersyukur telah diberi kesempatan oleh Allah untuk menanggapi terlebih dahulu Alquran mSR ini dan saya mantap memutuskan mau terhadap Alquran mSR. Semua hal negatif bukti kesesatan isa bugis bertentangan dengan apa yang saya rasakan dan apa yang saya pelajari. Untuk itu yang menuduh sesat, coba pelajari dan tanggapi dulu baru memutuskan. Saya pun dulu begitu. Hanya sedikit pengalaman saja

    BalasHapus
  44. Walaupun satu nasab akan beda nasib dikurun ke2 kelak dan atau hanya dg Qmsr sudut memandang segi tiga ABC yg akan membedakan wahai assabiqul awwalun maupun ashabul yamin dan teristimewa bagi assabiqunassabiqun dimanapun kapanpun siapapun teguh bertahanlah sampai tetes darah penghabisan karna hanya dg dmk ibarat mengambil rambut(selembar nyawa)dari tumpukantepung(jasad) apabila gagal jatuh terlintang atau hilang taktentu rimba lanjutkan drama ini(qmsr ABC)by musa abdullah pringsewu lampung hp 085379184545.

    BalasHapus
  45. Kajian ku tentang Alq MSR belum tuntas, tapi menemukan beberapa kejanggalan. Kalau betul IB itu penggagas AQL MSR, dan orang bilang sangat rasional, ilmiah, searusnya ilmunya itu semua sudah menjadi desretsi (DR) yang di akui dunia .....,karena beliau hidup di zaman ilmiah , beliau mengggali katanya secara ilmiah dan logic. Tapi saya belum tuntas belajarnya sehingga belum bisa berkomentar , tapi igin bertanya :
    1. Dalam Qur'an tidak dijelaskan tentang detail laksanakan solat, apakah IB mengakui adanya 4 orang (Syafei,hambali,Maliki dan seorang lagi,lupa aku namanya) bahwa bab solat dan ibadah2 syareat Islam di bahas dalam Fiqih ? Apakah IB juga : Syahadat,solat,zakat ,puasa, dan berhaji adalah Rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh orang yang mengaku beriman?
    3.Apakah tata cara dari IB mengajarkan hal sama?
    Karena saya menemukan kejanggalan seperti misalnya "mentafsirkan AlQ tidak sama dengan ALQ terbitan DEpag dan lainnya yang ada di dunia ini (Katanya tafsirnya tidak sama dengan yg beliau terjemahkan)Semoga Allah membimbingku di jalan yang benar.Semoga A;;ah melindungiku dari kesesatan . Aamiin.

    BalasHapus
  46. Assalammuallaikum...

    Maaf sy awam. Itu menurut Pak Isa Al Quran itu ilmiah kan ya? Saya setuju untuk hal itu, tapi yg saya mau tanya definisi ilmiah itu yg seperti apa ya? Karena menurut sy kalau ilmiah disandarkan pada keterbatasan alam pikir manusia yg terbatas ini, kayaknya ilmiah versi kita (manusia) pasti sangat terbatas ya?... Dan akan sulit untuk memahami "ilmiah" dari sudut pandang Al Qur'an. Contohnya perjalanan Isra Mi'raj itu, kira-kira penjelasan ilmiahnya seperti apa ya gan?... Maap sy tanya, krn prinsip saya jgn menghakimi sebelum bertanya... dan terimakasih jika sekiranya ada yg mau menjelaskan... ^_^
    sama dengan yang diatas , saya setuju dengan pertanyaan ini,
    Assalammualaikum...

    BalasHapus
  47. Kenapa postingan saya tidak ada yang menbalas.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum. Bagaimana/di mana saya bisa mempelajari ajaran Isa Bugis secara objektif? Sy teringat pemikiran Syahrur yang juga sering disalahpahami oleh orang2 yg belum membaca karya2nya.

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum, pendukung ALQURAN MSR, salam dari banten, salam ALQURAN SATU ILMU, saya masih belajar di kisaran tafsir sempit, mudahnya alquran MSR INI sllu menjadi pedoman hidup kita, dan Do'akan generasi2 alquran MSR di YPGB menjadi generasi alquran MSR yang hebat

    BalasHapus