Kamis, 20 Oktober 2011

TATA BAHASA AL-QURAN





Ini pepatah nenek moyang kita. Bahasa menunjukkan bangsa, secara sederhana berarti bahwa nilai (baik/buruk) suatu bangsa bisa dilihat dari (baik/buruk) bahasanya. Pepatah ini mengingatkan betapa pentingnya peran bahasa. Dalam kajian psikologi ditegaskan bahwa cara berbahasa yang teratur menandai keteraturan berpikir. Bahkan, tanpa bahasa manusia tidak bisa berpikir.
 ·  ·  · 10 Juni jam 15:29

  • Novan LnMurni HatiSiti Aisyah dan 23 lainnya menyukai ini.

    • Ahmad Husein Begitulah kenyataannya. Berpikir pada hakikatnya adalah kegiatan 'olah-bahasa' di dalam otak. Selain itu, bahasa adalah wadah ilmu dan sekaligus sarana pengangkut ilmu ke dalam otak.
      10 Juni jam 15:36 ·  ·  1 orang


    • Bahasa Menunjukkan Bangsa Dalam bahasa Inggris bisa anda temukan kata "book", tapi tak ada "finger book" dan "bamboo book". Jadi, hanya dalam bahasa Indonesia ada "buku-buku" yang bukan literatur (bahan bacaan).
      10 Juni jam 15:51 ·  ·  1 orang

    • Bruce Lee Panjaitan Sinaga Pepatah nenek moyang belum tentu benar, apalagi iblis juga mampu berbahasa Alquran tapi bukan berarti dia menunjukkan bangsa Alquran menurut sunnah rasul, kecuali rasul ( syaithiin ) !

      nilai baik atau buruknya suatu bangsa tidak bisa ditentukan oleh bahasa ! tetapi tanpa bahasa yg benar pasti akan kesulitan dalam memahami nilai ilmu yg (baik dan buruk) jgn terlalu mendewa2kan bahasa ! sdh byk studi yg membuktikan bahwa bahasa bukan penentu kesadaran ! bahkan bisa dijadikan tekhnik tipu daya ! itulah tombak berbalut sutera ! bahasa boleh indah tapi niat / kesadaran apakah pasti seindah bahasanya..?

      10 Juni jam 19:24 ·  ·  1 orang

    • Bruce Lee Panjaitan Sinaga bahkan hanya satu kata saja bagi bilal menytakan bahwa (Allahu) 'ahad' lebih berkesadaran nur msr dibandingkan iblis yg berkata2 banyak sebagai pembuktian kitabullah wa sunnaturrasul
      10 Juni jam 19:27 · 

    • Bruce Lee Panjaitan Sinaga itu hanya peringatan, tapi saya dukung tuk menggunakan bahasa yg baik dan benar, oleh karena bahasa adalah alat penting tuk mengungkap suatu kesadaran pihak pertama kepada pihak kedua dan pihak ketiga, diharapkan semua pihak satu sudut bahasa persatuan dan selanjutnya satu sudut kesadaran persatuan, bukan seperti selama ini, salah paham atau selisih paham dlm menanggapi suatu bahasa dari sudut masing2
      10 Juni jam 19:33 ·  ·  1 orang



      ۱- قَوَاعِدُ الْعَرَبِيَّةِ : عِلْمٌ تُعْرَفُ بِهِ أحْوَالُ الْكَلِمَاتِ مُفْرَدَةً وَمُرَكَّبَةً, غَايَتُهُ عِصْمَةُ الْمُتَكَلِّمِ وَالْكَاتِبِ عَنِ الْخَطَاءِ فِى صَوْغِ الْجُمَلِ بِمُقْتَضَى الْكَلاَمِ الْعَرَبِيِّ السَّيْمِ. وَهُوَ يُقْسَمُ إِلَى قِسْمَيْنِ.
       ·  · Terjemahkan ·  · 11 Juni jam 8:59

        • Bahasa Menunjukkan Bangsa 
          Ini pelajaran pertama.
          Kita mulai dengan penjelasan tentang istilah "ilmu tatabahasa Araby", dengan mengajukan definisinya secara umum, yaitu:
          1. Tatabahasa Araby ( قَوَاعِدُ الْعَرَبِيَّةِ ) adalah ilmu untuk untuk mengetahui keadaan kata, baik dalam keadaan terpisah (mufrad) maupun tersusun (murakkab); demi menjaga pembicara maupun penulis dari kesalahan dalam penyusunan kalimat-kalimat bahasa Araby yang benar.
          Dan ilmu ini terbagi menjadi dua: .


          ILMU SHARAF dan NAHWU

          ۱.۱- اَلصَّرْفُ, يَبْحَثُ فِى صِيَغِ الْكَلِمَةِ وَ تَحْوِلِهَا إِلَى صُوَرٍ مُخْتَلِفَةٍ بِحَسْبِ الْمَعْنَى الْمَقْصُودِ.
          ۱.۲- اَلنَّحْوُ, يَبْحَثُ فَى أَحْوَالِ أَوَاخِرِ الْكَلِمَاتِ إِعْرَابًا وَ بِنَاءً, وَ فِى مَوْقِعِ الْمُفْرَدَاتِ فَى الْجُمْلَةِ.
           ·  ·  · 13 Juni jam 14:25

          • Novan LnJin Lutcu dan 4 orang lainnya menyukai ini.

            • Bahasa Menunjukkan Bangsa ‎1.1 - Ilmu sharaf ( اَلصَّرْفُ, ), membahas berbagai bentuk kata dan perubahan-(variasi)-nya ke dalam berbagai bentuk kata untuk mencapai makna yang dikehendaki. 1.2 - Ilmu nahwu ( اَلنَّحْوُ ), membahas berbagai keadaan akhir kata-kata, baik secara i'rab maupun bina'-nya. Juga membahas tentang penempatan kosa kata (mufradat) dalam kalimat.
              13 Juni jam 14:44 ·  ·  1 orang

            • Bahasa Menunjukkan Bangsa Tentang pengertian i'rab dan bina', akan dibahas dalam pelajaran berikutnya.
              13 Juni jam 14:46 ·  ·  1 orang

            • Bahasa Menunjukkan Bangsa Yang kami muat di sini adalah terjemahan dari sebuah buku rujukan. Bila anda mau memberi pengertian lain dari setiap bahan yg kami ajukan, itu hak anda. Akan lebih baik bila anda menulis buku sendiri.
              15 Juni jam 9:41 · 

            • Bahasa Menunjukkan Bangsa Ada kerancuan pada komentar anda. Coba perhatikan kata2 anda: "ilmu nahwu = teori bentuk kalimat yg tersusun dari kata demi kata yg bisa dii'rab maupun didudukkan bina'nya dan penempatan kosa katanya ( mufaradat ) dalam kalimat". Bahwa ilmu nahwu sama dg teori kalimat, itu oke. Tapi kalau teori kalimat dijelaskan sebagai " yg tersusun dari kata demi kata... dst.", itu keliru besar.
              15 Juni jam 12:35 · 

            • Bahasa Menunjukkan Bangsa Yg kami ajukan di sini, berdasar buku rujukannya, adalah bahwa bidang kajian ilmu nahwu mencakup dua objek kajian, yaitu (1) berbagai keadaan akhir kata-kata, baik secara i'rab maupun bina'-nya, dan (2) penempatan kosa kata (mufradat) dalam kalimat. Kami juga belum menyampaikan bahan tentang apa itu i'rab dan bina', tapi anda sudah memberikan komentar yang sama sekali ga nyambung. Jadi, masalahnya bukan setuju atau tidak setuju, tapi objektif atau tidaknya yg anda katakan.



              ۲- اَلْكَلِمَةُ: هِيَ الْوَحْدَةُ اللَّفْظِيَّةُ الدُّنْيَا الَّتِى تَدُلُّ عَلّى مَعْنًى. وَالْكَلِمَةُ ثَلاَثَةُ أَنْوَاعٍ: حَرْفٌ وَاسْمٌ وَ فِعْلٌ. ۱- اَلْحَرْفُ يَشْمَلُ حُرُوفَ الْمَبَانِى وَ حُرُوفَ الْمَعَانِى: ۱۱- حُرُوفُ الْمَبَانِى رُمُوزٌ مُجَرَّدَةٌ تَنْضَمُ إِلَى بَ...



              ٣- اَلْجُمْلَةُ: مَجْمُوعَةٌ مِنْ كَلِمَتَيْنِ أَوْ أَكْثَرَ لَهَا مَعْنًى مُفِيْدٌ, تَكُنُ الْعُمْدَةُ فِيهَا الْمُسْنَدَ وَالْمُسْنَدَ إِلَيْهِ, وَكُلُّ مَا زِيدَ عَلَيْهِمَا يُسَمَّى فَضْلَةً. وَالْجُمْلَةُ نَوْعَانِ:   ١- اَلْجُمْلَةُ الْإِسْمِيَّةُ هِيَ الْمُصَدَّرَةُ أَصَالَةً بِاسْمٍ وَع...

               ·  ·  · 23 Juni jam 7:54

              • Abi DzarDidah Rosidah dan 4 orang lainnya menyukai ini.

                • Abi Dzar Boleh nanya gak ? Sm apa tdk pengertian musnad dan musnad ilaih dgn mudhaf dan mudhaf ilaih? Mksih
                  23 Juni jam 11:07 · 


                • Bahasa Menunjukkan Bangsa Pengertian harfiah keduanya memang sama, tapi berbeda konteksnya. Musnad dan musnad ilaih adalah dua unsur pokok (umdah) kalimat; sedangkan mudhaf dan mudhaf ilaih adalah gabungan dua kata benda atau lebih, menjadi kata majemuk dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar